Pages

Sabtu, 10 November 2012

Java OOP (Object Oriented Programming )



Disini saya akan berbagi mengenai apa itu java OOP, dalam konteks ini saya akan membahas satu persatu materi java OOP. Pengertian JAVA adalah sebuah BAHASA PEMOGRAMAN  yang berorientasikan object, sedangkan OOP adalah suatu METODE PEMOGRAMAN yang berorientasi kepada objek. Jadi secara kasar lembutnya JAVA itu pasti menggunakan metode OOP,  tetapi OOP tidak hanya ada pada bahasa pemograman JAVA. Kenapa di adakannya OOP ? karena untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, sesuai dengan model kehidupan nyata, segala bagian dari suatu permasalahan adalah objek. Objek-objek tersebut juga dapat merupakan pengabungan - pengabungan dari beberapa objek  yang lebih kecil. Sebagai contohnya saya gunakan pada sebuah objek Mobil ( yang merupakan bagian dari objek di kehidupan nyata ) yang merupakan gabungan dari beberapa bagian objek yang fungsi, bentuknya yang sesuai dengan kebutuhan pada sebuah mobil , seperti : roda, jok,mesin,rangka mobil, dan lain sebagainya.

Sebagaimana bahasa yang memiliki konsep OOP memiliki karakteristik yang sangat terciri dengan sifat dari bahasa pemrograman berkonsep OOP pada pemrograman Java yang mendasar yaitu :

  1. CLASS yaitu sebuah pola dari model – model object. Atau bisa disebut dengan cetakan, kenapa saya sebut cetakan karena merupakan suatu prototipe dari variable – variable dan method – method secara umum. Misalnya saya analogikan class itu sebagai cetakan kue, dimana cetakan kue itu dapat membuat kue – keu yang beraneka ragam dan berbeda rasa, sama class juga dapat membuat object – object yang berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan kita. Contoh kode java sebuah class dan di dalamnya terdapat object.
  2. OBJECT yaitu  merupakan hasil dari CLASS . contoh manusia, binatang dll.
  3. ABSTRACTION yaitu cara kita melihat suatu sistem dalam bentuk yang lebih sederhana, yaitu sebagai suatu kumpulan subsistem (object) yang saling berinteraksi.
  4. MODULARITY sifat object adalah modular. Object dapat ditulis dan di mantain terpisah (independen) dari object lain sehingga terjadinya suatu interaksi dalam sebuah sistem program yang antara objek satu dengan yang lainnya dalam satu lingkup sistem program itu sendiri .
  5. ENCAPSULATION (Pengkapsulan) yaitu suatu penerapan yang menyembunyikan suatu proses dalam sistem. Agar tidak bisa terlihat yang bertujuan hanya memberikan hak akses kepada yang  dituju yang bertujuan menghindari interfensi dan menyederhanakan penggunaan sistem itu sendiri.
  6. INHERITANCE (Pewarisan) Merupakan sifat yang mengambarkan penurunan sifat dalam CLASS sehingga dapat membentuk hirarki CLASS  yang berupa penurunan atribut dan  method  kepada  CLASS  lain.
  7. CONSTRUCTOR yaitu method yang digunakan untuk memberikan nilai awal pada saat object diciptakan. Interface memungkinkan beberapa class berbagi method dan variabel standard tanpa perlunya sebuah class baru untuk digunakan sebagai superclass.
  8. POLYMORPHISME (Banyak Bentuk dan Rupa) yaitu suatu object dapat memiliki berbagi bentuk, sebagai object dari classnya sendiri atau object dari superclassnya.
  9. PACKAGE yaitu kumpulan dari beberapa CLASS file.
  10. INTERFACE yaitu untuk multiple inheritance.
Topik yang akan saya bahas pada konsep OOP ini adalah INHERITANCE (Pewarisan) dari CLASS manusia yang memilik subclass mubarok dan akan ditampilkan pada manusiaberaksi.
Java Inheritance I

Dalam gambar java inheritance I disini saya membuat CLASS Manusia sebagai Parent dari subclass yang lain dalam artian CLASS ini yang akan memberikan Pewaris kepada class yang lain.
dalam gambar ini juga ada void t_manusia dan void j_manusia yang berfungsi sebagai method dalam sebuah class manusia yang akan di panggil pada class ManusiaBeraksi.


Java Inheritance II
Dalam gambar java inheritance II terdapat CLASS yang bernama mubarok tetapi ada Script extends yang berfungsi sebagai pewaris dari CLASS Manusia.



Java Inheritance III




Dalam java inheritance III dimana didalam CLASS ManusiaBeraksi berisi mengenai pemanggilan - pemanggilan dari class mubarok dan class manusia.
dan pada script class ManusiaBeraksi itu ada mubarok orang = new mubarok(); yang berfungsi sebagai mubarok pertama itu CLASS nya mubarok, orang itu sebagai object dan mubarok yang kedua sebagai CONSTRUCTOR nya.
ketika CLASS ManusiaBeraksi dijalankan maka akan menampilkan method - method dari class - class yang bersangkutan, ini tampilannya.
Java Inheritance IV

Ini adalah contoh dari program sederhana java inheritance,mudah - mudahan bisa bermanfaat bagi para pembaca, dan saya menyadari bahwa dalam proses pembuatan artikel ini masih jauh dari kesempurnaan baik materinya maupun dari tulisannya. Namun demikian, saya telah berupaya dengan segala pengetahuan yang dimiliki. saya dengan redah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan, saran dan usul guna menyempurnakan artikel ini. 
mungkin untuk materi yang lainnya saya akan bahas pada session berikutnya. terima kasih..


1 komentar: